Selasa, 25 September 2012

WARTA BULAN OKTOBER 2012


Bulan Kitab Suci Nasional pada bulan September cepat sekali berlalu. Tanpa terasa kita sekarang sudah memasuki bulan Oktober. Seperti tahun-tahun terdahulu, dalam bulan ini kita kembali mengarahkan perhatian kita pada Devosi Bunda Maria.

Dalam bulan Oktober ini Paroki menyelenggarakan doa rosario setiap hari di Gereja, untuk memberikan penghormatan kepada Bunda Maria. Umat dapat menyampaikan intensi-intensi dalam doa ini untuk berbagai keperluan. Umat dapat pula mengikuti renungan harian dari Buku Renungan yang diterbitkan oleh Panitia Tahun Budaya Keuskupan Malang.  Kita sambut Bunda Maria sebagai Bunda Penolong yang akan memberikan kepada kita bantuan-bantuan rohani agar kita makin teguh dalam beriman dan makin dekat dengan Yesus, Penyelamat dan penebus kita.

Dalam bulan ini pula, Dewan Pastoral Paroki yang baru dilantik akan melaksanakan konsolidasi pengurus Bidang Paguyuban, Pewartaan, Liturgi, Pelayanan dan Kesaksian. Konsolidasi dimaksudkan untuk menyatukan derap langkah pengurus baru dalam melayani umat. Kita berada dalam situasi pertarungan 3 poros besar yang berpengaruh, yakni poros Negara, Rakyat dan Pasar. Dominasi poros pasar dapat kita rasakan akibatnya dalam kehidupan bersama kita di paroki dan di tengah masyarakat. Kita didesak untuk menyikapinya dengan memajukan ketahanan hidup rohani, pendidikan iman dan kesehatan rohani umat agar tetap mampu menjadi cahaya di tengah dominasi poros pasar itu.

Ketahanan hidup rohani menyangkut pemenuhan kebutuhan umat akan Sabda dan Sakramen sebagai sumber iman. Pendidikan iman menyangkut upaya-upaya kita untuk mencerdaskan umat agar mampu bersikap kritis terhadap setiap perkembangan yang terjadi. Kesehatan rohani menyangkut upaya-upaya untuk menjamin agar iman yang dihayati umat berakar pada iman yang benar. Pelayanan yang kita kerjakan hendaknya menjadi pelayanan yang tanggap terhadap perkembangan hidup umat.

Terkait dengan persiapan Musyawarah Umat, dalam bulan ini juga, di paroki diselenggarakan pendalaman bahan untuk kegiatan tersebut. Selain perwakilan yang telah dipilih oleh Dewan Pastoral Paroki, kegiatan ini juga dapat diikuti oleh umat yang ingin menyumbangkan gagasan-gagasan untuk perkembangan Keuskupan dalam satu dasawarsa ke depan. Kita dapat mengambil bagian dalam karya Keuskupan dengan sumbangsih kita dalam proses pendalaman itu.  
*JAP *

Tidak ada komentar: