Kamis, 03 Maret 2011

Warta - edisi Maret 2011






















PRAPASKAH 2011 
Paroki St. Yohanes Penginjil Bondowoso

Masa Prapaskah mengingatkan kita akan pergumulan Israel 40 tahun di padang gurun dan pergumulan 40 hari Yesus di padang gurun juga, sebelum Ia mengawali karyaNya di depan umum. Dalam dua peristiwa itu kita menemukan perjuangan untuk mencapai iman sejati, pembaharuan hidup dan pengalaman kasih yang mendasar. Demikianlah masa Prapaskah kita hayati sebagai sebuah retret Agung untuk memperdalam iman, membangun pertobatan dengan buah-buah nyata dalam karya amal kasih. Kita sambut hari-hari suci persiapan Paskah ini dengan gembira dalam rangka usaha kita membangun Gereja Dewasa yang berkembang dalam iman, kasih dan kebenaran yang menjadi tema peringatan ulang tahun ke 75 paroki.

Pesan inti dari tema Aksi Puasa Pembangunan Prapaskah tahun ini adalah belas kasih menurut teladan Kristus. Belas kasih yang diteladankan Yesus tidak hanya sebuah sikap batin, tetapi suatu tindakan berbagi hidup terhadap sesama dan lingkungan alam di sekitar kita. Tiga hal yang menjadi fokus perhatian kita ialah memperdalam iman, membangun sikap tobat dan berbagi. Kita wujudkan hal ini dalam kegiatan sehari-hari kita selama masa Prapaskah ini dengan lebih sungguh meningkatkan penghayatan sabda dan sakramen, membaharui perilaku hidup dan memperhatikan sesama serta lingkungan alam sekeliling. Kita tanggalkan hambatan-hambatan yang membelenggu agar kita dapat menyongsong penebusan Paskah dengan pantas dan siap diutus untuk mewartakannya.Panitia Paskah Paroki menyiapkan beberapa kegiatan untuk membantu kita mencapai harapan itu.  

Kegiatan Prapaskah : Rabu Abu 9 Maret - Kamis Putih 21 April 2011

1. Rabu Abu, 9 Maret, Hari Pantang dan Puasa
Karena jadwal Romo untuk dua paroki, Misa pembagian abu di paroki kita diadakan : SELASA, 8 Maret 2011 - Pk. 18.00 dan RABU, 9 Maret 2011 - Pk. 05.30 di Gereja.
Misa harian di susteran dialihkan.
Sampai hari Minggu Prapaskah Pertama kita renungkan tanda abu dan seruannya : Bertobatlah dan percayalah kepada Injil atau Ingatlah, kita dari abu dan akan kembali menjadi abu.
2. Jalan Salib, Setiap Jumat pk. 17.00 dilanjutkan misa. Hari Pantang

3. Mati Raga : Pantang dan Puasa
a. Pantang diwajibkan bagi umat yang usianya sudah genap 14 tahun. Pantang berarti memilih untuk tidak mengkonsumsi asinan, manisan, jajan, daging, rokok, dll. Pantang dilakukan Rabu Abu, setiap Jumat selama Prapaskah dan Jumat Agung. Secara pribadi boleh menjalankan selama Prapaskah.
b. Puasa diwajibkan bagi umat yang usianya sudah genap 17 tahun sampai usia awal 60 tahun. Puasa berarti makan kenyang satu kali sehari. Puasa dilakukan pada hari Rabu Abu dan Jumat Agung.
4. Pendalaman Iman Tema APP di Lingkungan dan Stasi, Pembekalan dan latihan Calon Baptis atau petugas Liturgi, Rekoleksi kelompok, Bakti Sosial, Visualisasi dan Sakramen Tobat akan diatur jadwalnya.

5. Amplop Aksi Puasa Pembangunan dan Celengan untuk Usia Dini.
Aksi Puasa mengungkapkan buah pendalaman iman dan tobat kita. Amplop tersedia di Paroki dan Lingkungan / Stasi. Celengan usia dini di pembina MG. Pengumpulan terakhir pada Hari Raya Paskah, Minggu 24 April 2011.
6. Persiapan Tri Hari Paskah : Kamis Putih - HR Paskah, 21-24 April 2011
Program lain yang rutin dan yang direncanakan Panitia HUT Paroki tetap dilaksanakan untuk mendukung dan disesuaikan dengan kegiatan Prapaskah.

Selamat menempuh retret agung. 
Berkah Dalem.

by jap

Tidak ada komentar: